+6282119158765

Informasi

Informasi dan fasilitas NangorakCamp

Sekilas NangorakCamp

NangorakCamp berada di sisi selatan Kab. Sumedang, tepatnya berada di Blok Nangorak Desa Margamekar Kec. Sumedang Selatan Kab. Sumedang Prov. Jawa Barat. Dengan letak geograpis berada di 6 0 54’56”S dan 107 0 55’22”E, ketinggian tempat bervariasi dari 830 – 1.060 mdpl.

NangorakCamp berada di tengah-tengah gugusan Gunung Masigit Kareumbi, kenapa disebut gugusan karena posisi gunung ini yang memanjang dari Kec. Cimanggung – Tanjungsari- Pamulihan- Sumedang Selaran- cisitu – situraja – Darmaraja hingga Kec. Cibugel, bila ditarik garis lurus tidak kurang 30 Km, bahkan kini di beberapa segmen jalan sedang dimulai pembuatan Jalan Lingkar Careumbi yang menghubungkan dari ujung barat ke timur sepanjang 45Km. Lokasi NangorakCamp tepat di sisi jalan utama Gunung Puyuh – Nangorak (Versi Google Maps), sesampai lokasi perlu ditambah usaha jalan kaki selama 5 menit, sampai lah di lokasi.

Menuju Lokasi

Hanya dengan 20 menit dari alun-alun sumedang, rutenya cukup mengikuti rute Gunung Puyuh – Nangorak seperti yang ada di Google Maps. Kualitas jalan cukup bagus, 90 % beraspal, dari ketinggian 500 mdpl di sekitar alun-alun sumedang dan mencapai finish hingga ketinggian 1.060 mdpl (lokasi NangorakCamp) atau anda bisa menyalakan Google Maps dan search  “NangorakCamp”.

Dari awal perjalanan (titik alun-alun sumedang) dengan memalingkan pandangan ke arah selatan, tepatnya ke arah gunung kareumbi, kita akan melihat hamparan lokasi camping ground NangorakCamp. Kedepan akan dibuat penanda khusus, agar dapat dilihat dari kejauhan. Saat ini, jarak ke lokasi bisa jadi jauh bagi sebagian orang yang berada di luar Sumedang, namun seiring dengan Jalan Tol Cisumdawu sejauh 61 km yang menghubungkan Tol Cipularang dan Cipali selesai Juni 2019, maka jarak tidak lagi masalah. Dari arah bandung, Jakarta, maupun dari arah Cirebon mudah dijangkau. 1 jam dari bandung, 2 jam dari Jakarta dan dari Cirebon.

Secara lebih luas, daerah sumedang menjadi alternative untuk tempat orang berlibur, seiring dengan lokasi “hijau” di bandung yang sudah penat, padat dan disergap kemacetan panjang.

“Alam menyediakan sumber daya yang cukup untuk kebutuhan setiap manusia, namun tidak untuk keserakahan setiap manusia”.

– Mohandas Gandhi

Share This